Tafsir Al quran

Rabu, 14 Januari 2015

Menjadi Tetangga Nabi


Tak ada orang yang  tak menginginkan menjadi tetangga nabi kelak di surga, subhanallah.  Mungkin itu impian semua orang muslim menjadi tetangga nabi. Karena untuk bersatu satu tingkat dengan nabi nampaknya sangat tidak mungkin.  

HR muslim,
 rosul bersabda, wahai umatku mintakan pada allah untuku  wasilah.

Seperti yg sering kita ucapkan pada doa setelah adzan. Apa itu wasilah? Wasilah adalah merup salah satu tingkat di surga tidak ada yg boleh menempatinya kecuali salah satu hamba allah, dan aku berharap akulah orang tersebut.
Jadi tak mungkin kita bsa satu tingkat dengan rosul, yg bisa dilakukan adalah mendekat. Amalan yg mendekatkan kita jd tetangga nabi di surga

1.       Perbanyaklah sholat
Dalil:
Robiah binka’ab al aslami berkata, pd suatu malam sy menginap bersama nabi saw. Ketika bermalam aq berusaha melayani beliau, mengambilkan wudhu dan kebutuhan2 lainnya. Setlah spt itu, maka nabi ingin memberi balasan, maka nabi bersabda, mintalah apa yg kamu inginkan!
Robiah berkata, wahai rosul aku mohon padamu agar aku bisa bersamamu di surga.
Mendengar perkataan sahabat tersebut, rosul berkata’” apakah kamu tak py permintaan selain ini?”
Robiah berkata, inilah permintaanku wahai nabi.
Rosul berkata, kalau memang itu permintaanmu bantulah aku dengan memperbanyak sujud
HR muslim
Para ulama mentafsirkan “perbanyak sujud” adalah perbanyaklah sholat. Dan sholat yg dimaksud adalah sholat wajib dulu kemudian baru sunah. Lakukan sholat secara ontime, dan bagi laki2 usahakan selalu sholat di masjid.
Rosul bersabda, sholat yg paling berat di mata orang munafik adalah ashar dan subuh. Maka jika kita bisa menjaga sholat wajib terutama sholat ashar dan subuh, kita akan terjaga dari sifat munafik.

2.       Sering-seringlah membaca sholawat
abdullah bin mas’ud ra, rosul bersabda, orang yg paling dekat dgku di hari kiamat adlah org yg paling banyak membaca sholawat (HR tirmidzi)sahih oleh ibnu hibban, hasan oleh syeh al albany
Jadi kita diusahakan selalu bersholawat pada setiap kondisi, tak hanya waktu sholat aja.
Bisa membaca’ allahumma sholli ‘alla muhammad’ sajaa
Atau jika ingin sempurna, membaca sholawat ibrahimiah. Sholawat ibrahimiah adalah sholawat yg paling TOOOP
Rosul bersabda, barang siapa membaca sholawat 1x allah memberi balasan 10x lipat.
Apalagi di hari jum’at, rosul bersabda, hari jum’at adalah hari yg paling mulia maka perbanyakla shalawat padakku.
Dg membaca shalawat, maka berarti kita sangat menciintai rosulullah.
Juga jk ada orang yg membaca “Muhammad”, maka kita cepat2 mengucapkan Shallallahu ‘alaihi Wassalam. Orang yg tak mau mengucapkan itu, rosul mengatakan orang itu pelit.
Agar sholawat itu diterima allah, maka harus dilakkukan dg ikhlas dan mengikuti tuntunan nabi sholallahu ‘alaihi wassalam.

3.       Rawatlah anak yatim
Anak yatim adalah anak yang ditinggal mati oleh ayahnya dan mash dalam keadaan blum baligh.
Hr abu dawud sahih oleh syeh al albani
Rosul bersabda, tiidak dinamakan anak yatim kalau sudah baligh.
HR at thobroni dinilai hasanoleh syeh al albani
Abu darda’ berkata, suatu saat ada orang datang mengadu kepada rosul, “yaa rosul, kenapa hatiku keras”. Maka rosul berkata, apakah kamu ingin hatimu jadilembut dan urusanmu tercapai? Sayangilah anak yatim, dan usaplah kepalanya. Dan berilah makan anak yatim itu seperti makanan yg kamu makan. Seandainya kamu melakukan iitu, hatimu akan lembut, urusanmu akan dimudahkan oleh allah.
Kata nabi saw, aku akan bersama orang yg menyayangi anak yatim seperti ini. Rosul dengan menggambarkan kedua jarinya dan merenggangkansedikit. (HR bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar