Tafsir Al quran

Kamis, 15 Januari 2015

Ar Rohmaan dan Ar Rohiim


Dua sifat Allah ini sering kali disebutkan secara bersama2, tapi juga terkadang disebutkan secara terpisah.  Contoh nya dalam surat al fatihah ayat 1 dan 3 ; “BISMILLAHIROHMAANIRROHIIM” dan “ Ar rohmaanirrohim”
Secara Terpisah, Allah menyebutkan contohnya dalam surat Thoha ayat 5,  Allah menyebutkan sifat Ar Rohman, dan dalam surat al ahzab;43 Allah menyebutkan sifat Rahiim.

Apa arti Ar Rohman dan Ar rohiim?

Menurut Imam al ahzani wafat 143 H, ini adalah pendapat oleh imam ahli tafsir At Thobroni.
Ar Rohman adalah zat yang kasih sayangnya meliputi seluruh makhluknya. Baik yang islam ataupun non islam.
AR ROHIIM adalah zat yang kasih sayangnya dirasakan khusus oleh orang yaang beriman saja di dunia dan akhirat.

Sehingga orang beriman mendapatkan 2 kasih sayang yaitu dari Ar Rohman dan Ar rohiim, tapi jika orang non islam Cuma mendapatkan kasih sayang AR Rohman saja.
Apa kasih sayang Allah untuk orang kafir? Nikmat dunia, seperti diberi kehidupan, nikmat hujan, nikmat kesehatan. Orang kafir mendapatkan nikmat dunia itu. Di akhiratpun mereka mendapatkan kasih sayang Allah, yaitu sebagai bentuk Keadilan Allah. Pada hari akhir nanti, Allah akan mengadili semua orang dengan Adil tanpa kecuali.

Surat yasin ; 54

“Tak ada seorangpun yang didholimi walaupun sedikit, dan kamu tidak akan diganjar kecuali sesuai dengan amal perbuatan kalian”.

Contoh Nikmat AR Rohiim
Hidayah :
Ini adalah nikmat Allah yang luar biasa, tak smua orang di dunia ini mendapatkan hidayah. Banyak orang yg lebih kaya, lebih cerdas tapi tak memiliki hidayah dari Allah. Maka kita harus bahagia dan bersyukur karena Allah memberikan hidayah kepada kita. Adapun orang kafir itu tidak mendapatkan nikmat Ar Rohiim ini.
Bagaimana kasih sayang Allah di akhirat?

Hr bukhari muslim
Rosul bersabda ;”sesungguhnya Allah memiliki 100 rahmat, dari 100 rahmat itu Allah turunkan 1. Dan yang 1 ini cukup untuk mengisi dunia dan se isinya. Adapun 99 rahmat Allah, Allah simpan untuk hamba2nya yang beriman di hari kiamat.”

Lihat, bukankah luar biasa? Selama ini kita sudah merasakan nikmat di dunia, tapi ternyata itu belum apa2nya. Ada 99 kenikmatan yang Allah simpan untuk orang2 yang beriman di surga kelak. Padahal yang 1 kenikmatan saja, sudah menyilaukan banyak manusia, apalagi yang 99?
Sedangkan di akhirat, orang kafir hanya mendapatkan kenikmatan di dunia yaitu 1 kenikmatan dibagi seluruh umatnya sedang di akhirat mereka tidak mendapatkan secuilpun kenikmatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar