Tafsir Al quran

Rabu, 14 Januari 2015

AR Robb


Ini adalah nama yang paling populer dan sering kita sebut, terutama ketika kita ingin meminta pertolongan. Nama Allah ini di dalam al quran kt para ulama disebutka 500x dengan berbagai redaksi. Bahkan di al fatihah itu sudah muncul, yaitu AlhamdulillahiROBBIL ‘alaamin.

Ar Robbu itu artinya adalah zat yang memiliki 3 sifat sekaligus, yaitu Pencipta, Pemilik dan Pengatur.

Allahlah satu-satunya yang memiliki 3 sifat tersebut secara sempurna. Tak ada yang bisa memiliki 3 sifat itu secara sempurna selain Allah. Bisa saja dia Menciptakan, tapi dia tidak memiliki apa yang diciptakan. Misalnya : Tukang batu, dia membangun rumah setelah rumah itu jadi, tentu itu bukan milik dia, tapi milik orang yang memesan rumah itu.
Dan tak juga tiap Pemilik itu adalah pencipta. Misal Kendaraan yang kita pakai, baju yang kita pakai, apakah kita yang membuat baju dan kendaraan dan baju?
Tak semua Pengatur itu pemilik dari yang diatur, misal tukang parkir. Dia bisa mengatur mobil, tapi itu semua bukan milik dia.
Jadi hanya allahlah yang satu2nya Pencipta, Pemilik dan Pengatur apa yang di bumi, langit dan yang diantaranya. Makanya kita selalu mengucapkan AlhamdulillahiROBBIL ‘alaamin. ‘Alaamin adalah bumi, langit dan semua yang diantaranya. 

Pelajaran yg bisa dipetik :
1.       Kalau ingin menyembah itu sembahlah zat yang memiliki 3 sifat ini sekaligus yaitu Allah.
Jangan kita menyembah sesuatu yang diciptakan oleh orang lain seperti Keris.
2.       Mengikis sifat sombong manusia.
Banyak orang2 yang sukes, mengaku telah memiliki banyak kekayaan dan mengatur banyak perusahaan. Biasanya orang2 seperti ini akan merasa sombong dengan apa yang dia dapatkan. Padahal Allah itu mencipta dan mengatur seluruh Langit dan Bumi serta seisinya!!
Allahlah yang menciptakan orang2 hebat di muka bumi, seperti Albert Enstein, issac newton, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar