Tafsir Al quran

Rabu, 31 Desember 2014

Akrab dengan Ruqyah


Apa Itu Ruqyah?
Secara Bahasa , ruqyah adalah setiap bacaan yang berisi perlindungan
Secara definisi, ruqyah adalah setiap doa dan bacaan yang berisi permohonan tolong dan perlindungan kepada Allah untuk mencegah dan mengobati bala dan penyakit.

Sejarah Ruqyah
Ruqyah itu telah lama dikenal, bahkan sudah pernah dipakai sejak jaman nabi Ibrohim.
HR bukhari
Nabi pernah meruqyah al hasan dan al husain, setelah meruqyah mereka, nabi bersabda
“ sungguh ruqyah yang saya pakai ini sama dengan ruqyah yang pernah di pakai nabi ibrohim untuk meruqyah 2 putranya (ismail dan ishak)”.
Jadi ruqyah itu sudah dikenal sejak sebelum nabi, tapi pada jaman jahiliyah ruqyah itu dipakai dengan dicampur adukan dengan kesyirikan. Kemudian datanglah nabi shollallahu’alalihiwasalam untuk meluruskan ruqyah.
Dan dijaman sekarang ini, alhamdulillah orang-orang sudah mulai mengenal sesuatu yang berbau syar’i. walaupun masih ada kekurangan disana-sini, tapi patut disyukuri. Namun perlu diwaspadai dukun-dukun yang dulunya ramai pasien, akibat masyarakat mulai sadar sehingga pasien mereka menjadi sepi. Maka dukun-dukun itu berevolusi, merubah penampilan mereka menjadi seperti kyai. Yang dulunya pake blangkon, sekarang pakai sorban, dulu bajunya hitam sekarang pakai jubah dll. Namun isi ruqyahnya dicampur adukkan dengan sesuatu yang menyalahi syariat. Inilah yang menjadikan adanya Ruqyah gadungan.

LANDASAN SYAR’I
1.       Rosul pernah meruqyah dirinya sendiri.
Diceritakan oleh aisyah rodhiyallahuanha, " setiap malam jika rosulullah shollallahu'alaihiwasalam hendak beranjak ke peraduan, beliau menggabungkan kedua telapak tangannya kemudian meniupkan nafas dengan sedikit air ludah dan membaca al ikhlas, an nass dan al falaq kemudian mengusapkan kedua tangannya ke seluruh bagian tubuh yang bisa dicapai, dimulai dengan kepala, wajah dan bagian depan tubuh (HR bukhari)

2.       nabi shollallahu’alalihiwasalam pernah diruqyah oleh malaikat jibril.
Ini terjadi ketika nabi disihir oleh seorang yahudi yang bernama Labid bin A’shom. Ketika nabi disihir, malaikat jibril datang dan bertanya pada nabi “ wahai muhammad engkau sakit?”
Nabi menjawab “ iya”
Malaikat jibril “bismillahiarkika (dengan nama Allah aku meruqyahmu), min kulli syai in yu’dika( dari segala sesuatu yang menyakitimu), min syarri kulli nafsin (dari keburukan setiap jiwa), au ‘ainin hassidin ( atau pandangan yang hasad) Allahu yasfika (semoga Allah menyembuhkanmu) bismillahiarkika “ HR muslim
3.       nabi shollallahu’alalihiwasalam pernah meruqyah sebagian sahabat
Hr muslim
Nabi pernah meruqyah sahabatnya yang sakit kudis.
4.       nabi shollallahu’alalihiwasalam memerintahkan ruqyah dan membenarkan ruqyah sejumlah sahabatnya.
Hr bukhari muslim
Aisyah berkata, aku diperintahkan nabi shollallahu’alalihiwasalam untuk meruqyah orang yang terkena penyakit ‘ain

KARAKTERISTIK RUQYAH SYAR’I
1.       Harus bersih dari syirik.
nabi shollallahu’alalihiwasalam mengingatkan tentang ruqyah yang syirik, ada sahabat yang berkata “ wahai rosul, kami dulu biasa meruqyah”.
Nabi berkata “ coba jelaskan bagaimana ruqyah kalian!”
Kemudian para sahabat pun menjelaskan ruqyah mereka, setelah itu nabi bersabda “ tidak apa-apa kalian meruqyah, tapi jangan syirik”. HR muslim
Yang dimaksud syirik dalam ruqyah adalah adanya permintaan tolong pada selain Allah,seperti Jin, syetan, atau yang lainnya, meskipun itu seorang wali yang sudah meninggal bahkan malaikat sekalipun. Itu tetap tidak dibolehkan secara islam.
2.       Redaksi, makna dan cara ruqyahnya harus JELAS DAN BENAR
Redaksi harus jelas, tidak boleh menggunakan mantra-mantra yang tak difahami maknanya. Karena sesuatu yang tak dipahami maknanya itu berpeluang mengandung kesyirikan. Contohnya saja, ada praktek yang nyata terjadi, dan yang melakukan mengaku kyai. saya memohon pertolongan dengan malaikat-malaikat, malaikat penguasa daratan “adam ahmad”, malaikat penguasa lautan “khidir ahmad” , penguasa api malaikat ifrid, penguasa angin malaikat eva ahmad, malaikat pemimpin ke 5 malikat “jibril ahmad”. Itu jelas2 menyalahi syariat,karena ada nama2 yang mengada-ada. Maka untuk amannya, cukup menggunakan bacaan yang ada dalam al quran.
Caranya Ruqyahnya jelas, artinya tidak menyimpang aturan agama. Banyak orang-orang jaman sekarang yang tak paham syariat, sehingga melakukan ruqyah  dengan se enaknya sendiri. Contohnya saya bisa meruqyah tapi harus di pohon beringin dll.
Cara yang salah lain adalah ruqyah yg diiringi dengan puasa-puasa yang tak disyariatkan oleh agama, seperti puasa mutih, dan sejenisnya. , menjadikan orang lain sebagai mediator, orang yang mengaku bisa menangkap jin dan memasukkannya kedalam botol.
Atau orang-orang yang mengaku bisa memindahkan penyakit ke media lain, seperti telur atau hewan.
Juga ada ruqyah yang membuka aurat. Perlu dipahami bahwa ruqyah itu tak sama seperti pengobatan2 yang harus memegang. Ruqyah itu mengandalkan bacaan bukan sentuhan, walau ada beberapa riwayat yang menggunakan sentuhan tapi sentuhan2 itu dilakukan oleh orang yang memiliki hubungan mahrom spt istri, anak, orangtua, kakak, adik kandung.  Jadi ruqyah bukan dipegangi, walau dengan media sarung.
Ruqyah yamg dilakukan hanya berduaan, itu tidak boleh.
3.       Ruqyah yang tidak diyakini bisa menyembuhkan dengan sendirinya.
Maksudnya, ruqyah ini hanya bisa sembuh dengan izin Allah, karena ruqyah ini hanya sebab saja, bukan satu-satunya. Jadi sembuhnya itu bukan karena ruqyahnya, tapi karena izin Allah maka bisa sembuh.

PENCEGAHAN DENGAN RUQYAH
Mencegah datangnya penyakit tentu akan lebih baik daripada mengobati setelah kita terkena penyakit. Ada 4 tips yang perlu dilakukan :
1         Meluruskan akidah dan menguatkannya.
Orang-orang yang akidahnya kuat, syetan atau iblis tidak mampu menggodanya. Dikisahkan ttg syetan yang diusir oleh Allah dari surga, maka iblis bersumpah untuk menyesatkan para manusia, maka Allah berfirman “ engkau tidak akan bisa menyesatkan hambaku yang beriman padaku”.Maka hanya orang-orang yang lemah iman dan aqidahnya, itu akan sangat mudah disesatkan oleh syetan. Termasuk orang yang tak mau menerima takdir Allah.
2.       Rajin sholat berjamaah di masjid, khususnya bagi pria.
Dalam hadis abu dawud, sahih oleh al hakim dan ibn hibban
nabi shollallahu’alalihiwasalam bersabda “ andaikan ada di satu kampung jika penduduknya lebih dari tiga orang dan disitu tak dilakukan sholat jama’ah,malainkan orang2 tersebut sudah dikuasai oleh syetan.
3.       Rutin mengamalkan dzikir dan doa yang diajarkan oleh nabi shollallahu’alalihiwasalam.
Dzikir itu merupakan perisai diri kita, jadi orang yang tak pernah berdzikir itu seperti pasukan yang pergi ke medan perang tanpa perisai dan senjata. Dan dzikir dari rosulullahlah yang sudah dijamin kebenarannya.
Terutama sekali kita membaca dzikir pagi dan sore, minimal membaca ayat kursi 1x, surat al ikhlas, al falaq, annas 3x. fungsi dari itu semua kata rosulullah “ bacalah surat al ikhlas, al falaq dan an nass tiap pagi dan sore 3x, maka akan melindungi dari segala sesuatu” HR abu dawud dinyatakan sahih oleh syeh bin baz.
Dan masih banyak lagi dzikir yg lain , seperti dzikir keluar rumah.
4.       Dengan cara “memagari” rumah
Yang dimakssud “memagari” adalah melindungi rumah dari serangan2 mistik, syetan2 yg mengganggu kita. Pagar yang dimaksud adalah diantaranya
Mengucapkan salam sebelum masuk
Hr Abu dawud sahih olehimam al hakim
Rosul bersabda “ ada 3 jenis manusia yang akan dijaga oleh Allah, salah satunya adalah orang yang masuk kerumahnya dengan mengucapkan salam.”
Mengucapkan basmalah
Ini diucapkan ketika sudah masuk.
HR muslim
Rosul bersabda “ barangsiapa masuk kerumah tanpa basmalah, syetan akan berkata”kita akan menginap gratis disini”, tapi jika diucapkan basmalah maka syetan mengucapkan “ kita tidak bisa menginap disini”.
Mengucapkan bismillah ketika menutup pintu, jendela dan perkakas rumah tangga
Rosul bersabda “ kalau sudah masuk waktu sore, tahan anak2 kalian jangan biarkan berkeliaran diluar, karena pada saat itu syetan berkeliaran, tutuplah pintu2 sambil mengucapkan bismillah karena syetan tak bisa membuka pintu yang diucapkan bismillah” Hr bukhari
Memakmurkan rumah dengan ibadah dan membaca al quran
Hr Tirmidzi sahih oleh al hakim dan syeh al albani.
Rosul bersabda “ 2 ayat penutup surat al baqoroh, seandainya 2 surat tersebut dibaca di suatu rumah 3 malam berturut2, maka tidak akan didekati oleh syetan.”
Rosul bersabda “ syetan akan lari dari rumah yang didalamnya dibaca surat al baqoroh” Hr muslim

PENGOBATAN DENGAN RUQYAH
Semaksimal apapun kita berusaha, tapi kalau Allah sudah berkehendak maka tak akan bisa menghindar. Contohnya adalah ketika Rosulullah di sihir,
Pengobatan dengan ruqyah yang membuat masyarakat ragu melaksanakan, karena masyarakat diberi gambaran bahwa ilmu ruqyah itu adalah ilmu khusus yang membutuhkan keahlian. Padahal ruqyah itu adalah mudah. Siapapun bisa melakukannya.
Secara syariah, ruqyah tersimpul 2 hal
1.       Membaca ayat suci al quran dan dzikir2 yang diajarkan rosul
Allah berfirman : “kami turunkan al quran untuk penyembuh “ Qs al isro;82

Caranya adalah kita bacakan alquran pada orang yang sakit. Orang yang sakit duduk, dan kita membacakan ayat al quran. Dan semua surat al quran bisa digunakan untuk meruqyah. Tapi lebih utama jika menggunakan surat2 yang direkomendasikan rosulullah, seperti surat al ikhlas, al falaq, annas atau surat al baqoroh.
Kata rosul, surat al baqoroh ini tak bisa dilawan oleh para dukun ataupun syetan kelas kakap. Dan perlu dicermati, bahwa kadang syetan itu melawan dan membuat mental yang meruqyah jadi lemah. Kadang syetan itu ketika diruqyah, maka dia ikut2 membaca ayat al quran dengan fasihnya. Inilah yang kadang2 membuat mental si peruqyah jatuh.  Padalah syetan itu ketika membaca ayat al quran, dia sambil menahan rasa sakit. Maka yang perlu dilakukan adalah terus membaca sampai syetan keluar. Memang waktunya bisa sebentar, tapi bisa juga sangat lama.
Dan ini menjadi ujian bagi si peruqyah.

Ini pernah terjadi pada seorang ustad dari arab, saat dibacakan ayat kursi, syetannya ikut membaca. Ustadnya tahu kalau syetannya itu bertujuan membuat mental dia turun. Maka dia berus bacakan sampai bacaan yang ke 100 baru syetan itu keluar.
Ada doa dzikir yang diajarkan oleh Rosul,  diantaranya adalah
Doa untuk menyembuhkan orang sakit
Hr bukhari
Allahumma robbanass mudzhibal ba’si, isywi anta syafi laa syifa’a ilaa syifa uka, syifaan laa yughodiru saqoman
Artinya : ya Allah robbnya manusia Engkaulah yang menghilangkan penyakit, sembuhkanlah sesungguhnya Engkau yang maha penyembuh, tak ada kesembuhan kecuali dariMU, kesembuhan yang tak menyisakan penyakit.
HR Muslim
Bismillahi arkika (dengan nama Allah aku meruqyahmu) min kulli syai in yu’dika (dari segala sesuatu yang menyakitimu) min syarri kulli nafsin (dari kejahatan setiap jiwa) au a’inin hasidin (atau pandangan orang2 dengki) Allahu yasfika ( semoga Allah menyembuhkanmu) bismillahi arkika (dengan nama allah aku meruqyahmu)

Itu doa yang bisa diamalkan, bagaimana jika tidak hafal? Seandainya tak hafal maka boleh membaca surat apa saja yang dia hafal. Apabila yang diruqyah adalah bukan mahromnya, misal seorang wanita maka sebaiknya ada pembatasnya, kalau tidak maka yang akan diruqyah menggunakan pakaian yang rapat.
2.       Meniupkan angin dengan sedikit air ludah ke yang sakit.
Dan saat meniupkan itu bisa sebelum membaca( hr bukhari), saat membaca (imam muslim), sesudah membaca (hr ahmad sahih oleh syeh al albani)
Apabila dia mahromnya, maka bisa disebulkan di kedua tangannya dulu baru diusapkan ke bagian yang sakit, tapi kalau dia bukan mahromnya, cukup langsung ditiupkan langsung ke tempat yang sakit. Jadi tidak usah memegang-megang.
Dan satu hal yang patut di perhatikan, “JANGAN BANYAK MENGAJAK BICARA SAMA SYETAN.” Serta “ JANGAN MAU BERNEGOISASI “ dengan syetan. Pilihannya Cuma Keluar atau terus saya bacakan. Dan syetan itu bisa menipu, dia bisa berkata “ya saya sudah keluar” tapi sebenarnya dia belum keluar. Maka patut terus dibacakan sampai yakin bahwa syetannya keluar.”

Itulah Ruqyah yang diajarkan oleh rosulullah, jadi ruqyah itu bukan monopoli ustads. Siapapun bisa meruqyah asal dia beriman pada Allah dan punya keyakinan yang kuat. Karena Ruqyah itu prinsipnya adalah doa, dan doa itu akan dikabulkan jika kita yakin pada Allah.
Hr tirmidzi hasan oleh syeh al albani
Rosul bersabda “ berdoalah kalian kepada Allah dalam keadaan kalian yakin akan dikabulkan”.
Dan Allahpun sudah berjanji dalam surat al mukmin (60)
Artinya : berdoalah kepadaKU maka akan Aku kabulkan.

APA SAJA YANG BISA DIOBATI DENGAN RUQYAH?
Sebenarnya ruqyah itu bisa untuk mengobati semua penyakit, diantaranya :
1.       Sihir
Sihir di indonesia ada macam2, seperti Santet,pelet, debus.
Santet adalah sihir yang tujuannya untuk mencelakakan orang lain
Pelet adalah sihir yang digunakan supaya untuk memikat lawan jenis
Debus semacam ilmu-ilmu kekebalan, atau makan kaca tak apa2 dengan bekerja sama dengan syetan.
Cara meruqyahnya sama dengan yang telah diajarkan diatas, tapi ada tambahan yaitu “memusnahkan media yang disihir”. Dukun kalau akan menyihir, biasanya dia menggunakan media, nah….media itulah yang harus dimusnahkan.
Dalilnya : saat rosul disihir.
Nabi mengutus Ali bin abi tholib untuk mencari medianya. Ternyata terdapat di sumur besar di bawah, maka oleh Ali bin abi tholib, buhul-buhul itu dilepaskan sambil dibacakan surat al falaq, an nas dan al ikhlas.  Kemudian media itu dihancurkan dan rosul sehat wal afiat.
(Hr abid ibnu humaid) dinyatakan sahih oleh syeh salim al hilali.
Bagaimana kita tahu dimana media sihirnya?
Bisa jadi tukang sihirnya mengaku, atau syetannya yang mengaku, atau jika tidak maka kita berdoa kepada Allah.
2.       Kesurupan
Ini sering sekali terjadi di sekolah-sekolah, atau di Perusahaan-perusahaan. Dan sangat disayangkan saat terjadi itu, yang dipanggil itu malah dukun sehingga malah terjerumus dalam ruqyah palsu.
Seharusnya kita sendiri bisa melakukan, bacalah ayat alquran yang kita bisa dan jangan bernegoisasi.
3.       ‘Ain
‘Ain itu terjemahan bahasanya adalah mata. ‘Ain adalah pandangan kekaguman yang disertai dengan perasaan iri dari orang yang bertabiat jelek.
Rosul bersabda “ penyakit gara2 ‘ain itu memang benar dan terjadi” HR bukhari muslim.
Contoh : ini kisah nyata dari seorang ustad, ada seorang ibu yang pergi ke pasar dengan membawa bayinya yang sehat dan lucu, saat berangkat dia sehat wal afiat. Dan ketika dipasar semua orang memuji si bayi tapi tanpa di iringi dengan menyebut nama Allah, seperti “ wahhh ayune, aduuuh lucune dll”.  Dan ketika pulang bayi itu diletakkan dan kemudian meninggal.
Cara pengobatannya : sama dengan bacaan diatas tapi ditambahkan orang yang tertuduh melepaskan ‘ain disuruh untuk wudhu kemudian air bekas wudhunya dibuat mandi oleh orang yang terkena ‘ain.
Hr imam malik sahih oleh ibn hibban dan syeh al albany
Nabi menyebutkan ada seorang sahabat bernama sahl, dia putih bersih. Ketika dia membuka baju, orang-orang memuji dia. Sesaat kemudian dia pingsan. Maka rosul bertanya “ siapa yang memuji-muji tanpa menyebut nama Allah?”. Sahabat menjawab “ saya wahai rosul”. Maka sahabat itu disuruh wudhu dan air wudhunya digunakan untuk memandikan sahl, dan dia langsung sadar.
4.       Penyakit medis
Ruqyah itu bisa juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit medis, contohnya dari hadis diatas dimana rosul menyembuhkan sahabat yang punya penyakit kudis. Ada juga sebuah Atsar dari sahabat anas bin malik dalam hr muslim
“ ruqyah itu bisa mengobati penyakit demam, gigitan semut, dan penyakit ‘ain. Dan rosul juga pernah digigit kalajengking”
HR abu dawud sahih oleh syeh al albani
Diceritakan ada sahabat yang baru masuk islam, kemudian dia pulang. Saat pulang, ada orang gila yang di pasung. Merekapun bertanya “ saya dengar kamu baru masuk islam, coba sembuhkan orang gila ini”. Maka sahabat ini pun membacakan surat al fatihah, dan orang gila ini sembuh. Karena bahagia, maka dia diberi 100 ekor kambing.

Beberapa masalah seputar ruqyah :
apakah syetan bisa menyerang manusia?
- ya syetan bisa menyerang manusia dalam arti sampai menyakiti. biasanya orang-orang yang pernah meruqyah itu akan menjadi incaran syetan dan dukun. mereka akan menyerang ke keluarganya, entah istri atau anak. maka perlu untuk melindungi diri dengan dzikir pagi dan sore.
Katanya kita tidak boleh meminta diruqyah, krn bisa mempengaruhi posisi barisan saat di yaumul akhir.?
- Sejauh ini belum ada hadis yang sahih yang menunjukkan itu. Para ulama berpendapat bahwa meminta diruqyah itu hukumnya bukan haram tapi makruh. Jadi masih bisa dibenarkan, ini cuma mengurangi ke tawakalan kita dalam menyelesaikan masalah sendiri. namun bukan haram, apalagi seperti yang ditanyakan.
Bagaimana ruqyah yang dilakukan ramai-ramai dengan banyak orang?
- Sebaiknya ruqyah yang seperti itu dihindarkan, karena itu bisa mempengaruhi orang yang lain, kedua orang yg diruqyah itu biasanya melakukan gerakan-gerakan yang tidak sadar dan itu aib bagi dia. Walaupun para ulama ada yang menyatakan dibolehkan hal itu tapi untuk sekedar mendeteksi, kemudian orang yang terkena akan dibawa di ruang khusus untuk diruqyah. 

Anda juga bisa mendengarkan kajian MP3 di : Akrab dengan Ruqyah
Sumber : Ustads Abdullah Zaen, Lc MA

1 komentar: