Tafsir Al quran

Selasa, 10 Februari 2015

KEUTAMAAN MENCARI ILMU





Kita semua tahu bahwa Dzikir itu adalah ibadah yang sangat mulia dan berpahala luar biasa. Tapi ternyata ada ibadah yang lebih mulia dari dzikir, karena ini adalah penentu benar tidaknya smua ibadah. Yaitu menuntut ilmu agama. Dengan menuntut ilmu agama, kita menjadi tahu apakah ibadah2 yg kita lakukan ini sudah baik atau belum. 

Sehingga para ulama mengatakan bahwa majlis ta’lim itu lebih afdol daripada majlis dzikir. Karena mencari ilmu hukumnya adalah fardu ‘ain/fardu kifayah sedang berdzikir itu hukumnya sunah.

Makanya nabi bersabda “ sesungguhnya keutamaan ulama dibanding ahli ibadah, seperti kelebihannya bulan purnama dibanding bintang2”. Hr abu dawud sahih oleh imam ibn hibban dan syeh al albani.
Bulan purnama itu menerangi bumi, tapi bintang itu Cuma menerangi diri sendiri. Ulama itu manfaat yang akan menerimanya itu meluas, tapi seorang ahli ibadah itu Cuma untuk dirinya sendiri saja.
Rosul bersabda “ sesungguhnya seorang ulama itu didoakan oleh seluruh makhluk hidup di muka bumi sampai ikan didasar lautan”
Subhanallah, mengapa semua makhluk hidup itu sampai mendoakan ? karena dengan ilmu ulama maka para binatang memetik manfaatnya.
Se ekor ayam, dengan illmu dari ulama maka manusia bisa menyembelih ayam dengan benar. Karena disyariatkan jika mau menyembelih maka pisaunya harus tajam, sehingga tidak menyiksa ayam.
Itulah keutamaan mencari ilmu, maka marilah kita berlomba dalam mencari ilmu. Karena mencari ilmu itu hukumnya wajib, seperti yg disabdakan oleh rosulullah.
Hr ibn majjah sahih oleh syeh al albani
Rosul bersabda “ mencari ilmu itu hukumnya wajib untuk tiap muslim(muslimah)”
Padahal kebutuhan kita akan ilmu agama, itu melebihi dengan kebutuhan kita akan makan dan minum. Makan dan minum Cuma kita butuhkan 3x sehari, tapi ilmu agama kita butuhkan di setiap detik hidup kita. Apalagi di jaman sekarang, semua teknologi telah ada dan sangat mendukung kita dalam mencari ilmu. Ada internet, MP3, kaset, buku, majalah dsb.
Sampai Sahabat abu hurairah dan abu dzar berkata “satu bab ilmu agama kau pelajari, lebih kami cintai dari sholat sunah 1000 rakaat.”
Karena ilmu agamalah yang akan menentukan kualitas ibadah2 kita. Dan majlis ta’lim itu juga bisa dikatakan majlis dzikir, karena dzikir secara asal artinya adalah mengingat Allah. Manfaatkanlah waktu kita sebaik mungkin, karena sangat banyak amalan2 dari rosul yang belum kita amalkan. Jangan sampai kita tersesat melakukan amalan2 yang tak ada contohnya karena kita malas mencari ilmu.
Rosul bersabda “ barang siapa yg melak amalan tak ada contohnya dariku maka amalan itu tertolak “ HR muslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar